Manusia Dan Cinta Kasih

 Cinta kasih mengandung arti yang berbeda-beda, misalnya istilah jatuh cinta, dilamun asamara, atau cinta kasih seorang ibu kepada bayinya, cinta kasih terhadap tanah air, cinta kasih terhadap alam, cinta kasih terhadap musik, mencintai sesame manusia seperti mencintai diri sendiri atau cinta seorang lelaki pada seorang perempuan. Semua istilah tersebut tidak sama tetapi merupakan variasi-variasi sekian banyak.

Kasih sayang adalah kebahagian manusia, oleh karananya setiap manusia pasti pernah merasa atau mengalaminya dan sekaligus inti dari permaalahan yang dihadapi dan dialami manusia, dimana kasih sayang menimbulkan daya kreatifitas manusia untuk mencipta atau menikmati hasil seni budaya atau karya-karya yang tercakup dalam pengetahuan budaya antara lain :

Mengandung nilai-nilai hidup yang lebih ditekankan pada akibat positif.
Kasus cinta yang berakibat negative
Nilai hidup yang diperkosa
Pemerkosaan yang berselubung cinta
kasih sayang berlebihan

Kisah Cinta Inspiratif

Sewaktu saya kuliah dulu, saya bergabung dengan kelompok Pelayanan Rohani Mahasiswa Katoli. Kami selalu berkumpul setiap hari jumat, untuk berdoa, dan mengadakan berbagai kegiatan.

Pada suatu kesempatan, senior saya yang bernama Mb Agnes, melontarkan suatu hal yang sangat dan sangat saya sukai. Hmm, sebenarnya bukan sukai kata yang tepat untuk menggambarkan perasaan saya waktu itu, tetapi saya tidak tahu mau menggunakan kata apa.

Mb Agnes bilang gini, “Coba deh, kita ke Gramedia, dan lihat di rak buku Agama Islam, di sana begitu banyak Novel-novel Remaja Islam, yang sangat bagus dan menarik. Kita yang berbeda agama pun senang membacanya. Namun coba kita ke bagian Agama Katolik, aduh tulisannya berat-berat, tidak ada satu pun Novel remaja Katolik. Harusnya ini menjadi perhatian kita”

Pernyataan ini saya dengar 9 tahun yang lalu, dan masih terngiang sampai saat ini, karena memang hampir tidak ada Novel percintaan orang Muda Katolik. Padahal kita tahu dengan pasti, di dalam Injil mengajarkan kita dengan jelas mengenai cinta kasih, beserta dengan perumpamaannya. 

Beberapa tahun yang lalu, saya menemukan buku karya Agnes Jesica yang temanya mirip dengan kisah di Alkitab, dengan judul “Bukan pengantin Terpilih”.

Kisah Yakub dan istrinya Rahel. Rahel adalah istri pilihan dari Yakub, namun karna ayah Rahel merasa tidak baik jika sang adik menikah lebih dulu dari si kakak, maka sang ayah menukar pengantin wanita itu.
Maka pada malam pengantin, Yakub menemukan si kakak sebagai istrinya, bukan Rahel yang dia cintai. Lea, kakak dari Rahel merasa sakit hati karna tidak dicintai oleh suaminya. Apalagi setelah suaminya tetap bersikeras untuk menikahi adiknya. 

Cerita yang dibuat Agnes Jesica ini sangat menarik, karena bertolak dari Kisah Alkitab.

Saya berharap suatu saat saya bisa membuat sebuah buku kisah Cinta Remaja berdasarkan Alkitab, sehingga bisa menjadi pedoman bagi kaula muda Kristiani untuk berpacaran namun tetap suci di mata Tuhan.

Doakan sukses ya…

Leave a comment