TANIMBAR

Larat.. Mendengar kata larat, pasti masih asing di telinga anda. ya memang, kampung saya ini terletak di maluku tenggara, dan nama pulau nya yaitu larat. ini dia petanya

Image result for maluku tenggara

Di kampung saya ini, masih cukup tradisional. Mata pencaharian penduduknya rata-rata petani dan nelayan. Budaya setempat juga masih terjaga dengan baik. Biasanya bagi perantau seperti saya yang tinggal di jakarta, jika ingin pulang kampung memerlukan waktu tempuh yang lama sekitar satu minggu dengan menggunakan kapal laut dan jika sudah sampai di sana pasti di adakan pesta penyambutan di kampung. itu memang sudah tradisi bagi perantau yang sudah bertahun-tahun tidak pulang mesti buat pesta.

Di kampung saya mayoritas penduduknya beragama khatolik, setiap minggu diadakan Misa di Gereja, bagi yang mengikuti Misa bagi yang perempuan harus mengenakan rok dan pria tidak boleh mengeenakan jeans berbeda dengan gereja dijakarta.

 

ohh ya, makanan khas kampung ku ikan kuah.. ini makanan wajib kalau ada acara. ada istilah bakar batu, biasanya sih makananya kaya ubi dsg, terus dibakar pake batu dan disantap bareng-bareng makin enak deh pokoknya. ada kain tenun khasnya juga biasa dipake buat gereja dan upacara penting.

seiring berkembangnya zaman banyak yang sudah mulai memudar, seperti rumah yang dulunya tradisional sekarang sudah kokoh.

Leave a comment